Tuesday, June 12, 2018

Peneliti Selidiki Kehidupan di Planet Seukuran Bumi


INDOWIN99 - Para peneliti menemukan dua tata surya baru yang berjarak hanya 160 tahun cahaya dari Bumi. Para peneliti menyebut jarak ini cukup dekat dengan Bumi. 

Salah satu tata surya ini memiliki planet yang berukuran mirip dengan Bumi meski permukaannya sangat berbatu. Dari tiga planet ini, hanya satu yang ukurannya sama dengan Bumi. Sementara dua lainnya sedikit lebih besar. 

Planet ini melakukan revolusi terhadap bintang selama 5,2 dan 10,1 hari waktu Bumi. Melihat waktu revolusi yang demikian cepat, bisa dibayangkan betapa dekat posisi mereka terhadap bintang K2-239. 

Sehingga permukaan planet-planet ini puluhan kali lebih panas dari Bumi. Dengan demikian, diduga kalau planet-planet ini mungkin tidak berpenghuni.

Tapi temuan lain mengungkap bahwa planet seperti ini sangat umum di luar angkasa, sehingga menjadi tanda bahwa planet ini mungkin berpenghuni.

Bintangnya K2-239 adalah bintang tua yang relatif lebih dingin dari matahari (Red Dwarf)dengan ukuran setengah kali lebih kecil dari Bumi, lapor The Independent. 

Planet-planet ini ditemukan berkat misi satelit Kepler K2. Para peneliti lantas berencana untuk menggunakan teleskop ruang angkasa James Webb milik NASA untuk menelisik lebih lanjut kondisi atmosfer dari planet-planet ini. 

Sehingga bisa memberi petunjuk lebih lanjut mengenai kondisi iklim disana. Apakah atmosfer tersebut cocok untuk mendukung kehidupan atau tidak. 

Penelitian ini dipublikasikan pada Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, demikian ditulis Gizmodo.

sumber : cnnindonesia


Dapatkan Banyak Bonus dari Kami :
+Bonus Deposit Rp.5.000,- Setiap Melakukan Deposit Rp.25.000,- Sesuai Dengan Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku
+Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+Bonus Referral 20% Seumur Hidup

Ayo, tunggu apa lagi ? Daftar kan Diri Anda di INDOWIN99

Contact us:
BBM : 2B93CA38
WA : +855962846901
Line : INDOWIN99



0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.